Wednesday, August 22, 2007

Teknologi Komunikasi Jaman Perang

1. Apa kelemahan kamera zaman dahulu spt yg dialami cameraman senior?
* Peralatan kamera sangat berat sehingga sulit atau membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk membawa-bawanya. Selain itu perlengkapan yang menyertai kamera juga sangat banyak, contohnya harus membawa ruang gelap sendiri.
* Kamera zaman dulu belum memiliki negatif film seperti zaman sekarang, sehingga tidak dapat diperbanyak.
* Gambar hasil tangkakan berbentuk kaca sehingga memiliki kemungkinan pecah dan kualitasnya pun masih kurang baik.
* Objek yang akan ditangkap kamera harus benar-benar diam, karena sedikit saja ada gerakan maka gambar akan menjadi kabur atau gelap.

2. Mengapa peran radio dianggap lebih mendominasi ketimbang media cetak perang jaman dulu?
* Dikarenakan radio yang penyampaian pesannya menggunakan lambang verbal yaitu audio, maka ia dapat mengkomunikasikan pesannya dengan cara yang lebih menarik sehingga pendengar lebih tertarik ketimbang harus membaca. Terlebih lagi radio dapat menjangkau lebih banyak orang dibanding media cetak, hal ini dikarenakan orang-orang tuna netra ataupun buta huruf tetap dapat menikmatinya, dimana jika dengan media cetak, tentu orang-orang tersebut tidak dapat menangkap pesan yang ada di dalamnya.
* Penyiar yang bekerja di stasiun radio tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga dengan demikian, ia dapat menggambarkan kejadian-kejadian tertentu sehingga para pendengar dapat membayangkan dan menangkap emosi yang berlangsung di tempat kejadian.
* Masyarakat dapat mendengar adanya komunikasi saat mendengar radio apabila sang penyiar tidak sendiri, hal ini tentunya lebih menarik perhatian dibandingkan media cetak yang hanya dapat dibaca/dilihat.
* Radio melalui penyiar dapat merekam kejadian di suatu tempat dan kemudian menyiarkannya secara langsung kepada masyarakat.


3. Berapa lama rentang waktu yang dibutuhkan agar masyarakat Amerika bisa melihat situasi perang di Vietnam, setelah kejadian tersebut direkam oleh kameraman Morley Safer?
* 48 jam

No comments: