Wednesday, August 8, 2007

Perkembangan Teknologi Perfilman

Pembuatan film di Indonesia pada mulanya itu menggunakan kamera kuno dan dengan proyektor yg menggunakan seluloid.
Dahulu pembuatan film itu dengan cara menggabungkan gambar-gambar yg ada sehingga membentuk suatu pergerakan namun masih secara lambat (motion picture).

Pada tahun 1940-an (sebelum kemerdekaan Indonesia), pembuatan film sudah menggunakan kamera film, namun kamera yang digunakan masih sangat sederhana, sehingga pergerakan kamera juga masih sangat terbatas. Untuk mengikuti gerakan objek yang bergerak, kamera hanya digerakkan secara manual oleh sang camera man.

Namun pada tahun 1970-an, ditemukan kamera jenis baru yang disebut steadicam. Dimana kamera ini telah diperlengkapi dengan handle dan penyangga yang melekat dengan kamera, sehingga kamera dapat mengikuti pergerakan objek yang bergerak secara lebih halus dan tidak menghabiskan banyak tenaga,

Kemudian, dalam segi efek, perfilman jaman dahulu belum memiliki kemampuan atau teknologi apapun untuk memperindah film hasil buatan mereka. Film yang dihasilkan adalah murni sesuai dengan objek yang direkam dalam kenyataan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, special effect pertama pun ditemukan dalam teknik pembuatan film. Special effect pertama yang dihasilkan menggunakan kamera ini disebut dengan “in-camera” effect.

Kemudian seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, special-special effect yang baru pun terus ditemukan, seperti optical effect, digital effect, hingga yang saat ini telah banyak digunakan dalam pembuatan film modern, yaitu computer effect. Special effect dengan menggunakan bantuan teknologi komputer ini dapat melakukan begitu banyak hal sehingga film yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang semakin baik. Bahkan, ia juga dapat menciptakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada atau tidak direkam oleh kamera yang sesungguhnya, kemudian setelah itu dipadukan dengan film hasil tangkapan kamera yang sesungguhnya, sehingga menghasilkan film-film yang berkualitas tinggi.

No comments: