Wednesday, August 1, 2007

Sejarah Online Role-Playing Games

MMORPG (Massive Multiplayer Online Role-Playing Games), mulai hadir sejak awal tahun 1990. Namun, kita dapat melihat dengan menarik garis lurus ke belakang kepada Multi-user Games yang paling awal. Yang pertama adalah Mazewar, yang kemudian dikembangkan untuk sistem PLATO. Kemudian pada tahun 1984, muncul Multi-user game lainnya, yaitu Islands of Kesmai. Namun, Multi-user Game pertama yang benar-benar memiliki grafik yang layak untuk sebuah game adalah, Neverwinter Nights, yang kemudian dikirimkan melalui America Online pada tahun 1991 dan menjadi game unggulan yang diakui secara pribadi oleh Presiden AOL, Steve Case.

Saat larangan-larangan dari NSFNET telah diangkat pada tahun 1995, internet menjadi terbuka lebar bagi para developer untuk menciptakan game-game baru. Kesukesan pertama sesudah titik ini adalah munculnya game Meridian 59, yang juga menampilkan grafik 3 dimensi manusia yang pertama. Kemudian pada tahun 1997 Ultima Online mempopulerkan genre RPG (Role Playing Games), disusul oleh Nexus: The Kingdom of the Wind yang menarik perhatian banyak pecinta game di Asia, dan EverQuest yang menarik perhatian pecinta game di Amerika.

Dan khususnya di Indonesia sendiri, pada awal tahun 2000, Online RPG juga sudah menjamur dimana-mana. Para pecinta game online dapat bermain di PC mereka masing-masing ataupun di warnet(warung internet) terdekat. Beberapa contoh game yang paling populer di Indonesia sekarang ini adalah: World of Warcraft/Dota, Ragnarok Online, Seal Online, Ayo Dance, O2Jam, dll.

Perkembangan yang paling signifikan sejak pertama kali MMORPG dimulai sampai sekarang tentu adalah grafiknya. Grafik 2 dimensi sudah lama sekali ditinggalkan dan beralih pada grafik 3 dimensi yang terus berkembang. Karakter-karakter manusia sudah semakin menyerupai manusia sesungguhnya, bahkan pada beberapa PC yg canggih, wajah sang pemain dapat langsung di-scan sehinga wajak karakter game dapat menyerupai aslinya.

Kemudian, untuk mendandani sang karakter, pemain dapat membeli voucher yang kemudian kodenya diinput ke dalam game, sehingga karakternya pun dapat membeli pakaian atau aksesorisnya sendiri sesuai dengan keinginan pemain. Ini membuktikan, perkembangan game, terutama MMORPG sudah berkembang dengan sangat pesat, baik dari segi grafis maupun sistem tata cara permainan. Dan kami pun yakin, dalam tahun-tahun mendantang, MMORPG akan semakin terus berkembang dan semakin diminati oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda.

No comments: