Wednesday, October 31, 2007

Remote Medical Diagnoses

REMOTE MEDICAL DIAGNOSES

Pada zaman dahulu, dimana teknologi belum berkembang seperti sekarang, orang yang sakit akan mencari obat-obatan tradisional yang dapat mereka ramu sendiri untuk mengobati penyakit mereka. Namun kemudian, muncullah orang-orang yang lebih serius mendalami dan mempelajari mekanisme tubuh manusia serta penyakit-penyakit yang dapat menyerangnya, serta obat-obat apa yang dapat digunakan untuk menyembuhkannya, orang-orang inilah yang kemudian disebut dokter.

Namun dengan semakin berkembangnya populasi penduduk di dunia, kebutuhan akan kesehatan tentunya akan semakin banyak juga. Dokter pun semakin banyak dan teknologi-teknologi yang berkembang pun semakin mendukung berbagai penelitian ataupun pengobatan di bidang kesehatan. Namun sampai sekarang, kenyataannya masih banyak penduduk-penduduk yang tinggal di daerah yang jauh di pedalaman yang tidak dapat memperoleh pengobatan dengan baik karena fasilitas medis disana juga belum terlalu maju. Misalkan ada seseorang yang ingin mengecek kesehatannya dengan periksa darah, atau dengan mengambil salah satu jaringan selnya, harus menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu atau bahkan mungkin berbulan-bulan karena sample tersebut harus dikirimkan terlebih dahulu ke rumah sakit di kota terdekat yang memiliki fasilitas lebih maju. Hal ini tentulah sangat tidak efisien, bahkan mungkin dapat berakibat fatal apabila ternyata orang tersebut mengidap penyakit yang sudah parah dan harus segera diobati namun tidak bisa dengan segera diobati karena belum dapat diketahui penyakitnya.

Namun sekarang ini, NTT Group sudah memikirkan sebuah solusi untuk masalah sepert ini. Dengan bekerja sama denga Iwate Medical University, NTT Group telah melakukan percobaan telepatologi / transmisi elektronik dari gambar-gambar yang berhubungan dengan penelitian penyakit, seperti gambar hasil mikroskop. NTT Group kemudian menamainya WarpVision high-quality communication services. WarpVision adalah 2 way video communication service dengan kualitas tinggi sehingga dapat dipastikan gambar-gambar hasil mikroskop dapat dikirimkan dengan resolusi yang tinggi sehingga diagnosa penyakit dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, walaupun tidak ada dokter ahli bagi mereka yang tinggal di daerah pinggiran kota. WarpVision ini juga dapat digunakan ketika dokter yang masih belum benar-benar professional melakukan operasi membutuhkan keterangan atau bantuan lebih lanjut dari ahli medis yang lebih professional, sehingga kegiatan operasi dapat tetap berjalan tanpa harus membawa pasien ke rumah sakit di kota terdekat.

No comments: