Thursday, September 20, 2007

Midtest

1. Silakan kelompok anda buka situs http://www.otakku.com. didalamnya ada banyak artikel berbahasa indonesia tentang produk/gadget yang unik. silakan pilih dan sebutkan 2 (dua) produk yang ada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam semangat "konvergensi" (convergence). Kemudian jelaskan secukupnya, mengapa kelompok anda memilih 2 (dua) produk tersebut

Jawab:
Ketika kita bicara tentang teknologi, kita bisa menyimpulkan dengan pasti, bahwa perkembangan teknologi kian pesat, dan tidak pernah berhenti sedikitpun. Setiap harinya, setiap detiknya, teknologi-teknologi baru ditemukan, dan membuat kehidupan manusia semakin ’hi-tech’ dan maju. Meskipun, tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi juga memberi dampak negatif dalam kehidupan manusia.

Kini, dunia yang dipadati dengan kemajuan teknologi mengalami suatu kondisi yang disebut dengan ”konvergensi teknologi”. Apa itu konvergensi teknologi?

Mari kita menganalisa terlebih dahulu contoh penerapan konvergensi teknologi:
Misalnya, radio yang dahulu hanya bisa didengarkan via gelombang radio dengan menggunakan pesawat radio, kini juga bisa didengarkan via jalur TCP/IP (internet). Contoh lain, dengan munculnya teknologi "mobile", akan mendorong munculnya Televisi mobile yang dapat kita lihat siarannya via HP atau PDA.

Melalui contoh di atas, kita bisa mendefinisikan arti dari konvergensi teknologi, yaitu suatu keadaan yang mampu memadukan berbagai macam perangkat dan teknologi dalam suatu fitur perangkat keras maupun perangkat lunak dalam teknologi.

Contoh lain adalah, ketika biasanya kita menggunakan telepon hanya untuk menelepon, namun dengan adanya teknologi 3G, 4G, WiMAX dsb, maka kita bisa melakukan sesuatu yang ”lebih daripada hanya menelepon”, kita bisa bervideo-call, bahkan kini kita bisa men-download lagu langsung dari i-Tunes dari ponsel kita. Contoh konkritnya adalah Motorola mengumumkan akan memasang aplikasi peer-to-peer Skype, memungkinkan percakapan digital jarak jauh menjadi lebih murah dari yang ditawarkan perusahaan telekomunikasi mana pun.

Kebutuhan kita akan akses telepon nirkabel memang menjadi tidak terbatas sama sekali (lihat grafik Kebutuhan Pengguna Masa Depan). Kehadiran teknologi 3G, Super 3G, 4G, WiMAX, dan sejenisnya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi akan mengubah cara kita menggunakan dan berpikir tentang telepon.

Ini antara lain yang kemudian memacu konvergensi di kalangan industri telekomunikasi nirkabel dengan memasukkan sebanyak dan sebisa mungkin berbagai fitur perangkat keras dan perangkat lunak ke dalam ponsel. Motorola mengumumkan akan memasang aplikasi peer-to-peer Skype, memungkinkan percakapan digital jarak jauh menjadi lebih murah dari yang ditawarkan perusahaan telekomunikasi mana pun.

Berdasar penjelasan dan contoh di atas, jelaslah sudah, bahwa konvergensi teknologi kian marak kita temui dalam perkembangan teknologi masa kini. Kini kita bisa menggabungkan fitur-fitur sebanyak mungkin dalam setiap gadget yang kita miliki. INILAH SEMANGAT KONVERGENSI!

Dengan mengacu pada definisi dan penerapan konvergensi teknologi di atas, maka kelompok kami memilih ”HP yang bisa dijadikan TV besar” dan ”perekam video ajaib”



Mengapa kami memilih produk ini?
1. Perekam video ajaib


Pada umumnya, orang-orang merekam video menggunakan handy cam, atau jenis kamera digital lainnya. Dan fungsi dari perekam video standar, yaitu merekam video, dan sedikit memberikan efek seperti zooming, snapshot, dsb.

Namun, perekam video ajaib ini memang sungguh ajaib, alat ini menggabungkan fitur-fitur yang memungkinkan orang-orang yang suka berpetualangan namun tidak punya uang yang cukup untuk membuat video di luar negeri, walaupun mereka sebenarnya tidak ke luar negeri. Hal ini cukup menarik, karena biasanya, sebuah video recorder hanya merekam objek dengan latar belakang di mana dia berada, namun dengan fitur-fitur terbaru yang dikeluarkan dari pihak pem-produksi Rip-Rpar Creation Station, kita dapat membuat video di rumah, dan dengan sedikit edit, maka situasi di rumah bisa disulap menjadi situasi di hutan, laut, dsb. Selain itu, dapat pula memasukkan lagu-lagu yang kita inginkan.

Teknologi RipRpar-Creation Station ini menggabungkan teknologi video, teknologi suara, dan fitur-fitur lain, yaitu kamera perekam (camera) dengan lampu LED (LED lighting), Mic (perekam suara), 2 layar berwarna hijau (freen screen), tripod, software (edit video) yang memungkinkan video recorder ini menjadi lebih maju dibandingkan video recorder biasanya.
Oleh karena, itu, kami memutuskan memilih produk ini, karena selain produk ini menggambarkan perkembangan teknologi komunikasi, perkembangan teknologi dalam produk ini memberikan semangat konvergensi, yaitu suatu keadaan yang memungkinkan fitur-fitur besatu padu dan mempercanggih teknologi yang ada.



2. HP yang dijadikan TV berukuran besar

Berdasarkan pada pengertian konvergensi teknologi yang sudah dijabarkan, kami memilih HP yang dijadikan TV berukuran besar sebagai produk pilihan kami yang ke2. Mengapa? Karena, HP yang bernama Brix ini, menggabungkan fitur HP yang touch screen dengan fitur lainnya.
Biasanya, sebuah HP hanya digunakan untuk memanggil, atau menerima panggilan, multimedia, dan fungsi standar lainnya. Namun, kini HP Brix ini dapat menyambungkan HP Brix lainnya menjadi sebuah layar yang besar.


Kita bahkan bisa menyambungkan dengan beberapa HP Brix tanpa ada batasannya. Jadi ketika kita berkumpul dengan kerabat kita, dan semua kerabat kita memiliki HP Brix, maka kita tidak perlu lagi punyai TV besar untuk menonton sinetron, dsb. Kita cukup mengumpulkan semua HP Brix yang ada, "ditempelkan" sesuai dengan ukuran dan rasio TV (4:3 atau 16:9) maka jadilah sebuah TV besar.

Jelas sudah, bahwa alat ini merupakan suatu alat hasil dari perkembangan teknologi di bidang komunikasi, dan alat ini turut pula menjalankan semangat konvergensi, karena alat ini berhasil merombak dan memperlengkapi handphone yang biasa dengan fitur-fitur lain yang menjadikannya luar biasa!

Referensi:
http://www.kompas/ .com/kompas-cetak-0503/02/tekno
http://www.hdn.or.id/index.php/2006/09/22/p113


2. Analisis tentang NTT-DOCOMO


Selama ini kita tahu bahwa Negara-negara Eropa dan Amerika adalah Negara-negara yang memiliki perkembangan teknologi yang paling canggih dan termodern. Namun anda salah jika sampai sekarang anda masih berpikir begitu. Hal ini dikarenakan adanya sebuah perusahaan khusus telepon genggam / mobile phone yang terletak di Jepang, yang pada kenyataannya, telah mengembangkan berbagai mecam teknologi termutakhir dalam bidang komuikasi yang belum pernah dipikirkan oleh Negara-negara Eropa atau Amerika sebelumnya. Negara-negara Eropa dan Amerika ini bahkan mengadaptasi teknologi hasil dari perusahaan ini.

Perusahaan terebut adalah NTT DoCoMo, Inc. DoCoMo disini adalah singkatan dari Do Communications Over the Mobile Network. Terletak di pusat kota Tokyo, Jepang dengan Masao Nakamura sebagai presiden&CEO nya, NTT DoCoMo telah memiliki omset sebesar 100juta yen dalam waktu kurang dari 10 thn. Pengguna / subcriber dari produk-produk mereka pun telah berjumlah puluhan juta.

Namun apa yang membuat NTT Docomo ini dapat berkembang sedemikian pesatmya dalam jangka waktu yang relatif singkat?
Jawabannya adalah mereka terus-menerus mengembangkan berbagai macam multimedia servis kepada pelanggannya yang tentunya membuat hidup mereka menjadi lebih mudah dan praktis. Ditambah lagi harga untuk pembelian produk mereka tidaklah terlalu mahal. Kalau begitu dari mana mereka mendapat keuntungan? Jawabannya adalah, dari upgrading servis-servis baru yang mereka kembangkan yang tentunya akan terus menarik pelanggan mereka untuk datang dan dantang lagi.

Kemudahan-kemudahan yang dapat dirasakan oleh pengguna mobile phone dari NTT Docomo adalah:
Dapat menggunakan internet &email yang dapat mengakses lebih dari 47juta subscriber. Selain itu mereka juga dapat melihat berita terbaru atau mencari tahu berita mengenai cuaca dengan icon yang sudah tersedia dalam mobile phone mereka.
Kemampuan untuk mengakes internet dari mobile phone ini disebut dengan i-mode. I-mode baru muncul pada bulan Oktober tahun 2006 lalu, namun pelanggannya sudah lebih dari 40juta.

Bermain game juga dapat dilakukan dimana saja hanya dengan menggunakan mobile phone. Namun game-game yang ditawarkan juga bukanlah game-game simple seperi snake, tetris, puzzle dan lainnya. Melainkan NTT Docomo menawarkan game-game skala tinggi yang dapat juga ditemui di console-console game seperti playstation ataupun x-box.
Orang tua kini tidak perlu khawatir saat anak-anaknya pergi bermain. Karena dengan adanya kids phone, orang tua dapat memantau anak-anak mereka melalui fitur yang ada di mobile phone ciptaan NTT Docomo ini.

Orang-orang lanjut usia juga kini dapat tetap menggunakan telepon genggam tanpa harus khawatir mereka tidak dapat membaca tulisan dengan jelas atau tidak dapat mendengar denga jelas. Karena NTT Docomo juga menciptakan Raku-raku Phone yang khusus dibuat untuk orang-rang lanjut usia. Dimana tombol-tombolnya lebih besar, text di dalamnya juga lebih besar, dan kualitas suaranya juga lebih jernih dan keras.
Kemudahahan dalam berbelanja atau naik kendaraan umum atau membeli minuman di vending machine tanpa harus mengeluarkan uang. Ya tanpa mengeluarkan uang dari dompet anda!
Osaifu-Keitai merupakan temuan NTT Docomo yang paling mutakhir. Fitur ini jgalah yang kemudian ditiru oleh berbagai negara lain, seperti Paris, New York, dan juga Hongkong.
Tema dari OSAIFU-Keitai adalah “Telepon Genggam dengan Fungsi Dompet”.
Selain berfungsi sebagai uang secara langsung, seperti untuk berbelanja atau untuk menaiki kendaraan umum, Osaifu Keitai ini juga dapat berfungsi sebagai kartu kredit, kartu tanda pengenal atau sebagai kunci untuk masuk ke rumah. Di beberapa tempat, penggunau Osaifu-Keitai ini juga bahkan diberikan discount dan keuntungan-keuntungan tertentu.
Fasilitas 3G Mobile Communications. Mungkin fasilitas 3G ini sudah tidak asing lagi kita dengar, atau bahkan gunakan. Namun perlu diketahui bahwa NTT Docomo inilah yang pertama kali meluncurkan mobile phone yang memiliki fitur 3G.

Dapat menonton program televisi hanya dengan menggunakan telepon genggam. NTT Docomo juga telah bekerja sama dengan berbagai macam stasiun tv yang tentuny juga membantu mereka untuk mempromosikan servis-servis terbaru mereka pada masyarakat. Disebut dengan mobile TV.

3. Apa fungsi dari teknologi streaming, bagaimana cara kerjanya secara sederhana menurut kelompok anda dan perubahan significant apakah yang dibawa oleh teknologi tersebut terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini?

Jawab:

Streaming adalah tekhnik transfer data yang prosesnya berlangsung secara terus menerus tanpa perlu mengunduhnya ke dalam hard disk. Dengan streaming teknoligi browset atau plug-in yang terdapat pada computer pengguna bisa mulai menayangkan data sebelum seluruh file ditransmisikan secara komplit.

Streaming merupakan metode memindahkan data digital dengan karakteristik real time dengan cara sedemikian rupa sehingga penerima dapat melihat isi dan menerima data. Keunggulan dari metode streaming adalah metode ini memungkinkan bagi penerima untuk melihat isi secara luas dalam waktu yang singkat, dan seluruh file tidak harus di download. Untuk dapat mendengarkan live streaming ini kita memerlukan program yang dapat memutar file OGG.

Streaming menggunakan codec dalam prosesnya. Codec itu adalah singkatan dari compressor-decompressor, atau bisa coder-decoder. Yaitu sebuah device atau program yang mampu mengubah/mentransform sinyal atau aliran data. Codec dapat mengubah stream kedalam bentuk yang ter-encode, kemudian diterima atau dapat men-decode bentuk tersebut agar dapat dilihat/dimanipulasi ke bentuk yang lain. Bentuk asli data dalam bentuk audio dan video disebut essence. Essence ini kemudian dapat ditambahkan dengan mendata untuk meningkatkan kemampuan dalam proses stream. kebanyakan codecs adalah lossy (merusak) hasilnya adalah file yang lebih kecil dari aslinya (contoh: file .bmp yang diubah ke .jpg)

Ada dua metode utama dalam pengantaran video dengan teknologi ini: real time streaming (RTSP) dan HTTP streaming


Untuk dapat menyaksikan video streaming, kita harus memiliki beberapa aplikasi yang harus sudah terpasang di computer :
Semua video yang disajikan dengan menggunakan format NSV, Vp6 codec dan AAC
pastikan bahwa VP6 codec sudah dipasang. Jika belum kita bisa mendownloadnya,
kita bisa menyaksikan video streaming dengan menggunakan browser internet atau winamp
pada saat menggunakan internet explorer, akan muncul pop-up window, kita harus memilih YES jika muncul kotak konfirmasi.



Fungsi teknologi streaming:
Fungsi dari teknologi streaming adalah untuk mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara "stream", alias terus-menerus. Streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client melalui jaringan packet-based semisal Internet. File tersebut berupa serangkaian paket time-stamped yang disebut stream.
Sebelum teknologi streaming tersebut diperkenalkan secara luas, kita harus men-download secara utuh file audio atau video sebelum dapat kita dengar atau tonton di komputer kita. Untuk mendownload file tersebut hingga selesai tentu saja memerlukan waktu yang cukup banyak. Namun saat ini, streaming memungkinkan suatu file dapat segera dijalankan tanpa harus menunggu selesai didownload seluruhnya dan terus "mengalir" tanpa ada interupsi.
Hampir semua jenis file sebenarnya bisa distreamingkan. Baik file audio, video, image, text, data 3D, software, dan sebagainya.

Tetapi streaming sejatinya lebih mengacu kepada time-based media, khususnya audio dan video, yang harus dapat dinikmati sesegera mungkin dan pada berdasarkan pewaktuan yang tepat, karena untuk dapat menikmati lagu atau film, haruslah dimainkan secara berurutan dari awal hingga akhir (sequensial) tanpa terputus-putus (uninterrupted). Salah satu aplikasi yang sangat akrab dengan teknologi streaming adalah aplikasi Internet broadcasting, yaitu penyiaran audio ataupun video yang berbasis Internet Protocol (IP).

Kompresi/Dekompresi
Untuk melakukan proses pengkompresan dan pengdekompresan file media streaming dibutuhkan suatu metode atau algoritma yang terdapat pada sebuah streaming player yang disebut CODEC, yaitu kependekan dari compression/decompression. Proses ini memungkinkan kita untuk dapat menikmati media streaming dengan lebih cepat.
Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan jika kita ingin melakukan proses kompresi-dekompresi file media. Sebagai pertimbangan, semakin kita melakukan kompresi file, maka akan semakin berkurang pula kualitas file tersebut ketika dinikmati kembali. Untuk mengatasi hal tersebut sering kita temui ukuran layar video streaming yang relative lebih kecil dibandingkan ukuran monitor kita. Hal tersebut adalah untuk mengimbangi dengan kompresi yang dilakukan dengan kualitas video yang dihasilkan agar tidak patah-patah.

Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi. Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan.
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.
Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya. Setelah ucapan itu selesai maka informasi berada ditangan si penerima. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Sampai jarak tertentu meskipun masih terdengar informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Adanya alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi dari yang sebelumnya satu gambar mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau penulisan angka yang tadinya MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi ini memudahkan penulisan informasi.
Teknologi percetakan memungkinkan pembuatan pintu informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer bahkan membuat informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Perkembangan teknologi komunikasi informasi tenyata tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak hal yang akan berkaitan disana. Seiring waktu, perkembangan teknologi komunikasi dan pemanfaatannya juga semakin pesat dan meluas dan infrastrukturnya makin luas tersedia. Sampai dimana batasan untuk teknologi komunikasi informasi itu sendiri, masih sangat luas. Kalau dulu kita bisa saja mengartikan pertukaran suara (voice), lewat media tembaga.

Tapi sekarang sudah semakin canggih. Tidak hanya suara, tapi disana juga ada data, yang bisa berarti image, document, music & video, dan banyak layanan lainnya. Dan tidak hanya itu, medianya pun sudah berkembang menggunakan frekuensi. Bahkan teknologi ini bisa saja terintegrasi melalui jaringan, perangkat lunak, phone, dan perangkat elektronik lainnya.
Kehadiran suatu teknologi merupakan penyempurnaan dari teknologi yang sudah ada, termasuk teknologi streaming dimana perbedaan yang ditawarkan adalah kecepatan pengiriman dan akses data serta layanan yang diberikan. Buktinya kecepatan pengiriman data bagi orang yang memanfaatkan layanan tersebut meningkat signifikan, cukup fantastis sebagai hasil evolusi teknologi yang membawa perubahan.

Referensi:

http://batampos.co.id/content/view/27391/75/
"http://id.wikipedia.org../../../t/e/k/Teknologi_informasi.html"
http://topantambunan.blogspot.com/2007/03/perkembangan-teknologi-dan-regulasi-ict.html
http://audentis.wordpress.com/2007/01/27/teknologi-informasi-dan-organisasi-masyarakat-sipil-di-indonesia/
http://groups.or.id/wikipedia/id/t/e/k/Teknologi_informasi.html
http://www.informatika.lipi.go.id/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia
http://free.vlsm.org/v17/com/ictwatch/paper/paper018.htm

No comments: